TEKNIK PERSIDANGAN

TEKNIK PERSIDANGAN

Persidangan
Persidangan adalah suatu forum yang bertujuan untuk menghasilkan keputusan- keputusan dan ketetapan – ketetapan tentang berbagai hal sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan.
Perbedaan pokok antara persidangan dengan forum-forum lain seperti tersebut di atas adalah terletak pada out put yang dihasilkan. Kalau dalam diskusi, dialog, rapat, seminar, simposium, lokakarya dll out put yang dihasilkan hanya berupa kesimpulan. Tetapi kalau dalam persidangan out put yang dihasilkan adalah keputusan dan ketetapan yang sifatnya mengikat dan harus dipertanggungjawabkan secara konstitusi atau hukum.

Jenis – Jenis Persidangan
1.Sidang Pleno, merupakan sidang yang diikuti seluruh peserta sidang.
2.Sidang Komisi, merupakan sidang yang hanya diikuti oleh peserta sidang komisi yang ditentukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Peserta sidang komisi diambilkan dari peserta sidang pleno sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Hasil dari sidang komisi selanjutnya dibawa ke sidang pleno untuk dibahas dan atau ditetapkan.
3.Sidang Sub Komisi, merupakan sidang yang hanya diikuti oleh peserta sidang sub komisi. Peserta sidang sub komisi diambilkan dari peserta sidang komisi yang terkait sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Hasil dari sidang sub komisi selanjutnya dibawa ke sidang komisi dan atau pleno untuk dibahas dan atau ditetapkan.

Komponen –Komponen Yang Harus Ada Dalam Persidangan
1.Pimpinan Sidang adalah orang yang dipilih oleh peserta sidang untuk memimpin dan mengatur jalannya sidang. Jika pimpinan sidang lebih dari satu orang, maka istilah yang dipakai adalah Presidium Sidang.
2.Peserta Sidang adalah seluruh orang yang secara syah menjadi peserta persidangan berdasarkan aturan atau tata tertib yang berlaku. Peserta sidang terdiri dari dua macam, yaitu peserta penuh dan peserta peninjau. Peserta penuh adalah peserta yang mempunyai hak bicara dan hak suara, sedangkan peserta peninjau hanya mempunyai hak bicara.
3.Palu Sidang adalah palu yang dipakai dalam persidangan untuk “mengetuk” setiap keputusan dan ketetapan yang telah disepakati.
4.Draf Materi Sidang merupakan kumpulan materi yang akan dibahas dalam persidangan.
5.Ketetapan atau Konsideran merupakan bukti secara tertulis dari berbagai ketetapan yang telah dihasilkan.

 

 

Interupsi
Macam –Macam Interupsi
1.Interupsi point of Previlage, merupakan interupsi yang digunakan jika peserta sidang ingin minta ijin kepada pimpinan sidang untuk melakukan hal –hal yang sifatnya pribadi. Misalnya ijin keluar.
2.Interupsi point of Information,merupakan interupsi yang digunakan jika peserta sidang ingin menyampaikan informasi
3.Interupsi point of Order,merupakan interupsi yang digunakan jika peserta sidang ingin menyampaikan perintah kepada pimpinan sidang dan atau peserta sidang.
4.Interupsi point of Justification, merupakan interupsi yang digunakan untuk menguatkan pendapat sebelumnya.
5.Interupsi point of Clarification,merupakan interupsi yang digunakan jika peserta sidang ingin menyampaikan klarifikasi atau pelurusan terhadap suatu pendapat atau informasi.
6.Interupsi point of Solution,merupakan interupsi yang digunakan jika peserta sidang ingin menyampaikan atau menawarkan suatu solusi.

Teknik Penggunaan Palu Sidang
1.Ketukan 3 X dipakai untuk :
·Membuka sidang
·Menutup sidang
·Menetapkan suatu ketetapan atau konsideran
2.Ketukan 2 X dipakai untuk :
·Memindahkan palu sidang
·Menerima palu sidang
·Menetapakan break, jika menggunakan perkalian 2. contoh break 2 x 5 menit.
3.Ketukan 1 X dipakai untuk :
·Keputusan tiap point
·Menetapkan break, jika menggunakan perkalian 1. contoh break 1 X 5 menit.
4.Ketukan tak beraturan, dipakai untuk memperingatkan peserta sidang jika peserta sedang gaduh atau ramai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: